Cara Menjodohkan Lovebird dengan Mudah agar Cepat Bertelur

Cara Menjodohkan Lovebird dengan Mudah agar Cepat Bertelur - lovebirdseo.net. Menjodohkan atau mengkawinkan burung adalah hal yang sangat penting bagi semua peternak. Karena hanya dengan mengawinkan burung inilah kita akan mendapatkan hasil. Hasil tersebut bisa digunakan untuk materi indukan baru ataupun untuk dijual lagi agar mendapatkan uang.

Namun untuk menjodohkan burung terutama pada lovebird itu gampang gampang susah. Seringkali pada proses perjodohan selalu ada kendala. Ada yang lovebird betinanya galak sehingga pejantannya takut. Ada juga yang sudah jodoh tapi belum mau kawin. Ada juga yang sudah jodoh udah mau kawin namun telurnya kosong (tidak ngisi). Ada juga yang sudah kawin, telurnya isi tapi telornya malah di pecah, bahkan ada juga lovebird yang tidak mau mengerami telornya. Begitulah suka dukanya menjadi peternak lovebird. hehehe

Mungkin masih banyak kendala yang dialami oleh temen temen. Nanti akan di bahas satu persatu. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mempercepat perjodohan lovebird agar lebih cepat produksi dan bertelur.

Faktor yang Mempengaruhi Agar Lovebird Cepat Jodoh

Menjodohkan Lovebird agar Cepat Bertelur


Ada beberapa informasi yang harus kita ketahui sebelum menjodohkan lovebird. Karena lovebird merupakan burung yang sangat unik yang memiliki berbagai macam karakter jadi kita harus mengetahui karakter lovebird yang akan kita jodohkan.

1. Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

Sebelum menjodohkan sebaiknya dipastikan terlebih dahulu jenis kelaminnya. Jantan dan Betinanya harus sudah fix.

Karena lovebird betina x betina juga bisa kawin dan tidur satu glodog. Jika itu terjadi biasanya lovebird akan tetap bertelur tapi telurnya bisa lebih dari 7. Walaupun telurnya banyak tapi jangan senang terlebih dahulu karena telurnya pasti kosong (tidak isi) karena tidak di buahi pejantannya.

Begitu pula lovebird jantan x jantan bisa kawin dan juga bisa tidur satu glodog seolah olah sudah jodoh. Namun jika hal tersebut terjadi walaupun lovebirdnya kawin pasti tidak akan bertelur.

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang cara membedakan jenis kelamin lovebird. Jadi untuk mempercepat produksi lovebird di utamakan pemilihan jenis kelamin yang pas antara jantan dan betinanya.

2. Status Lovebird Sebelumnya (Janda, atau Duda)

Sebaiknya kita mengetahui status lovebird yang akan kita kawinkan karena akan berpengaruh dengan proses perjodohan.

Status ini sangat berpengaruh untuk lovebird janda atau duda. Jenis warna pasangan yang sebelumnya akan mempengaruhi kecepatan perjodohan karena pada lovebird pada dasarnya merupakan burung yang setia pada pasangannya. 

Jadi lovebird janda atau duda cenderung lebih mudah dan lebih cepat di jodohkan jika warna lovebird yang akan di jodohkan tersebut sama dengan jodoh yang sebelumnya.

3. Mengetahui Umur Lovebird

Untuk mempercepat proses perkawinan sebaiknya kita mengetahui gambaran umur lovebird yang akan di jodohkan. 

Ini berlaku untuk lovebird betina. Semakin tua usia lovebird dapat ditandai dengan ketebalan klep matanya. Semakin tebal klep nya maka semakin tua umur lovebirnya. 

Selain dari klep mata kita bisa melihat juga dari postur badan dan beratnya jika di pegang langsung. Lovebird betina yang sudah berumur biasanya badanya besar dan jika di pegang terasa lebih berat dari lb biasanya. 

Jika dilihat dari pangkal ekor kadang lovebird yang sudah berumur akan lebih mudah nglemak. Biasanya ditandai dengan benjolan yang berwarna kuning di bagian bawah perut. Karena lovebird nglemak agak ber resiko pada saat bertelor yang bisa menyebabkan egg binding.

Jadi untuk mempercepat proses perjodohan dan untuk mengurangi resiko dianjurkan untuk menjodohkan dengan lovebird betina yang umurnya masih muda namun sudah birahi dan siap kawin tentunya.

4. Mengetahui Ciri Khas Lovebird yang Over Birahi

Lovebird yang sedang Over birahi biasanya menjadi galak, baik itu lovebird betina maupun lovebird jantan. Jika pada saat sedang birahi tapi lovebird tersebut dipaksakan untuk di masukan ke kandang untuk dijodohkan maka hanya akan terjadi perkelahian. Yang mengakibatkan trauma dan takut (biasanya pejantannya).

Jadi jika hal tersebut terjadi biasanya lb jantannya sudah tidak mau di pasangkan dengan lb betina tersebut karena sudah trauma dan takut dengan lb betinanya. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya lb tersebut di pisah terlebih dahulu dan di turunkan birahinya sampai benar benar stabil birahinya. Baru kemudian di campurkan kembali untuk di kawinkan.

Jadi untuk mempercepat proses perjodohan lovebird diperlukan birahi yang pas antara lovebird jantan dan betina agar tidak berkelahi saat proses perjodohan.

5. Pakan yang Bagus untuk Meningkatkan Birahi Lb

Pada saat mulai menjodohkan lovebird pada satu kandang ada beberapa pakan yang sangat bagus untuk Meningkatkan birahi dan tenaga lb.

1. Kangkung

Kangkung sangat baik untuk meningkatkan birahi lb agar cepat kawin.

2. Jagung Muda

Jagung Muda adalah pakan favorit kedua lovebird setelah kangkung. Jaging ini memiliki fungsi untuk meningkatkan stamina dan tenaga. Selain itu jagung juga sangat bagus untuk indukan yang sedang meloloh anakan.

3. Sotong atau Asinan

Pada saat lovebird akan bertelur biasanya lb mulai membuat sarang. Jika lb sudah memulai membuat sarang alangkah baiknya diberikan sotong atau asinan. Sotong ini berguna untuk membuat cangkang telur lb menjadi mudah pecah. Mudah pecah disini bukan berarti cepat pecah akan tetapi lebih mudah menetas telurnya ketika anakan akan menetas. 

Jadi penggunaan sotong atau asinan sangatlah penting agar telur menjadi renyah untuk dipecahkan dari dalam telur oleh anakan lb nya. Untuk memudahkan memakan asinan lebih baik sotongnya di haluskan dengan cara di bebek ( di geprek ) menjadi seperti serbuk dan diberikan cepuk tersendiri.

4. Kecambah

Kecambah memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas sperma pada pejantan lb. Agar telur lebih cepat ngisi jika sudah bertelur. Namun kadangkala banyak lovebird yang tidak suka kecambah. Jika hal itu terjadi mak kecambah bisa diganti dengan vitamin untuk meningkatkan kualitas sperma burung yang Banyak di jual di tempat pakan burung.

6. Pemilihan Sarang yang Baik Untuk Lovebird

Sarang yang baik akan memberikan kenyamanan pada lovebird untuk segera berproduksi. Jadi diperlukan sarang yang baik untuk memancing lb agar lebih cepat kawin.

Untuk sarang lovebird bisa menggunakan serbuk kayu atau kulit jagung yang kering. Untuk memudahkan lb membuat sarang saya sarankan menggunakan daun kulit jagung yang sudah kering. Kulit jagung yang sudah kering di sobek kecil kecil sesuai serat kulit jagungnya. Setelah itu ditaruh di dalam kandang, Nanti otomatis akan di bawa kedalam glodog sendiri. Untuk penggunaan sarang disarankan jangan terlalu banyak agar mudah di kontrol.

Cara Menjodohkan Lovebird dengan Mudah Agar Cepat Bertelur

Setelah kita mengetahui 6 hal yang mempengaruhi proses perjodohan lovebird agar lebih cepat produksi maka selanjutnya kita akan mencoba mempraktekannya.

1. Pilih calon indukan yang sehat.
2. Pastikan jenis kelaminnya telah sesuai antara jantan dan betina.
3. Pilihlah lovebird yang masih muda tapi yang sudah birahi dan sudah siap kawin agar masa produksinya lebih lama.
4. Pahami Lovebird yang sedang over birahi, mulai menjodohkan ketika birahinya pas.
5. Dekatkan Lovebird yang akan dijodohkan kurang lebih 3 sampai 6 hari untuk perkenalan sebelum dimasukan ke kandang ternak.
6. Jika ada tanda tanda kecocokan maka lb bisa langsung dimasukkan dalam satu kandang dan diamati 1  sampai 3 hari sampai mau masuk ke dalam satu glodok.
7. Jika lb sudah mau tidur satu glodog brarti tinggal memacu birahi lb dengan pakan yang baik seperti pada artikel di atas.
8. Amati lb tersebut sampai kawin. Jika lb sudah kawin brarti kita tinggal menunggu telur lbnya.

Untuk memudahkan perkawinan agar lebih cepat jodoh sebaiknya menggunakan kandang koloni untuk menjodohkan lovebird.

Karena pada kandang koloni lebih luas sehingga burung lebih leluasa terbang dan bisa memilih calon pasangannya sesuai dengan yang di inginkan. Jika sudah mendapatkan ada yang kelihatan berjodoh bisa langsung di pisahkan untuk di masukan ke kandang ternak.

Demikian beberapa tips untuk menjodohkan lovebird agar cepat produksi dan bertelur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjodohkan Lovebird dengan Mudah agar Cepat Bertelur"

Post a Comment