Cara mudah Ternak Lovebird Untuk Pemula

Cara Mudah Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula - Lovebirdseo.net. Lovebird merupakan burung yang berasal dari afrika. Burung ini memiliki bermacam macam jenis dan warna. Selain keindahan warnanya, burung yang satu ini juga memiliki suara ngekek yang unik. Bahkan yang bisa ngekek panjang dan selalu juara bisa berharga ratusan juta lho temen temen. Di indonesia jenis lovebird yang paling banyak diternak adalah jenis agapornis fischeri atau lovebird jenis kacamata (Klep).

Ada dua macam jenis tipe penangkar dalam ternak lovebird. Pertama jenis peternak lovebird warna,  Untuk anda yang senang menyilangkan warna untuk mendapatkan mutasi warna baru. Selanjutnya jenis peternak yang kedua yaitu jenis peternak lovebird suara, Jika anda lebih senang ikut perlombaan burung kicau dan lebih menyukai suara ngekek panjang, tipe peternak lovebird suara bisa menjadi pilihan. Kedua model ternak ini sama sama menguntungkan. Jadi untuk tujuan atau fokus ternaknya bisa dipilih sendiri sesuai dengan minat dan selera.

Bagaimana Cara Mudah Ternak Lovebird Untuk Pemula?

Cara Mudah Ternak Lovebird yang Baik Untuk Pemula


Ternak lovebird sangat mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tempat atau lahan yang luas. Beternak menggunakan kandang / sangkar kotak besi juga masih bisa dilakukan. Namun apa bila lovebird mania memiliki lahan yang cukup luas penggunaan kandang ternak koloni juga bisa di lakukan. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing masinh. Untuk cara perawatan, pakan juga sangat mudah dan gampang dipelajari. Jika anda ingin mulai mencoba ternak lovebird ada beberapa hal yang harus diketahui.

Ada Beberapa Hal Yang Harus diketahui Sebelum Ternak Lovebird :

1. Cara membedakan jenis kelamin lovebird

Untuk mengetahui jenis kelamin lovebird itu gampang gampang susah. Karena diperlukan pengalaman dan jam terbang yang tinggi jika melihat sekilas dari postur tubuh, bentuk paruh. Namun jika kita mengetahui perilaku pada saat lovebird itu birahi akan mudah di ketahui jenis kelaminnya. Jadi mengetahui jenis kelamin itu sangat penting untuk mempercepat proses penjodohan agar bisa cepat produksi.

2. Cara mengetahui umur dan birahi lovebird

Untuk mengetahui umur lovebird bisa dilihat dari kaki, paruh, dan ketebalan klep mata. Semakin tebal klep berarti lovebird tersebut sudah semakin berumur. Kalau dari postur tubuh bisa diketahui pada saat di pegang. Jika lovebird tersebut terasa berat saat di pegang brarti bisa dipastikan bahwa lb tersebut sudah berumur.

Selain umur burung kita juga harus mengetahui tanda tanda atau ciri ciri lovebird yang sudah birahi. Karena untuk mengawinkan lovebird biar cepat produk diperlukan lovebird yang sudah birahi ( siap kawin ) agar lebih mempercepat perjodohan lovebird.

3. Cara menjodohkan lovebird

Cara menjodohkan lovebird yang paling mudah adalah memasukan lovebird ke kandang koloni. Di campur jadi satu calon indukan jantan dan betina agar mereka memilih sendiri pasangan yang di inginkan. Untuk mempermudah proses perjodohan yang di masukan kekandang koloni adalah burung lovebird yang sudah birahi.

4. Cara perawatan lovebird agar cepat bertelur

Ada beberapa tips agar lovebird cepat bertelur yaitu dengan cara memberikan vitamin tambahan untuk lovebird. Selain itu dibutuhkan pola pakan yang teratur yaitu pengaturan ekstra fooding antara kangkung, jagung, sotong dan suplemen tambahan lainnya.

5. Cara perawatan lovebird saat sedang mengerami telor

Pada saat masa mengeram diusahakan ekstra fooding dikurangi terutama yang menyebabkan lb birahi seperti kangkung. Jadi untuk pakannya bisa pakai milet putih saja sama vitamin penambah stamina. Untuk ekstra foodingnya bisa dikasih seminggu sekali.

6. Cara mengetahui kualitas telur pada lovebird

Cara mudah untuk mengecek telur yang isi dan yang tidak adalah hal yang mudah. Setelah umur telor 7 - 10 hari bisa di cek dengan cara di ambil / ditropong. Jika ada urat merahnya berarti telur tersebut ada isi atau janinnya. Akan tetapi jika telornya bening berarti telor tersebut tidak ada janinnya. Jadi bisa di buang saja telor yang kosong agar mengurangi beban indukan pada saat mengeram. 

7. Cara perawatan lovebird saat meloloh anakan

Ada dua cara merawat anakan lovebird. Yang pertama diloloh indukan dan yang kedua anakannya diambil untuk kita spet sndiri. Namun jika ingin menyepet anakan lovebird diperlukan waktu yang ekstra karena bisa 2 - 3 jam sekali harus dikasih makan apalagi jika mengambil di usia 1 - 2 minggu. Jika mau di loloh indukan sebaiknya dikasih jagung setiap hari ketika masih meloloh anakannya.

Demikian cara mudah untuk ternak lovebird yang baik agar bisa cepat produksi sehingga semakin cepat menambah pundi pundi dan biar cepat balik modalnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mudah Ternak Lovebird Untuk Pemula"

Post a Comment